Jumat, 16 September 2011

Home » , , » Proxy Server Bikin Jaringan Warnet Ngaciiirrr...

Proxy Server Bikin Jaringan Warnet Ngaciiirrr...

Sebagian orang pasti sudah tahu apa fungsi dari proxy server, cara kerja dan bagaimana memasang proxy server dalam sebuah jaringan warnet atau kantor.

Proxy server atau cache server atau tembolok server atau apalagi ya adalah sebuah mesin yang didalamnya menjalankan program yang mampu untuk menyimpan sebagian data yang diakses oleh komputer dalam sebuah jaringan seperti warnet atau pc di kantor. Dengan adanya proxy ini maka halaman web atau file file yang sering dibukan oleh client atau komputer komputer dalam sebuah jaringan warnet / kantor / kampus akan bisa di akses dengan lebih cepat lagi oleh komputer komputer berikutnya pada jaringan yang sama.
Fungsinya sangat mengoptimalkan bandwidth koneksi internet yang ada di warnet kita. Dari hasil yang dengan alat ini bisa mempercepat browsing hingga 200%, menghemat bandwidth hingga 25%, dan bisa membatasi download komputer perclientnya. Jadi.. jika ada komputer yang download, bandwidth tidak akan disedot semua ke komputer tersebut, dan komputer lain masih bisa berbrowsing atau bermain game online dengan nyaman. Proxy warnet ini sangat cocok digunakan di warnet speedy.

Proxy sebenarnya hanya komputer yang di install software yang dapat melakukan fungsi-fungsi di atas. Biasanya bisa menggunakan komputer second namun dengan memory yang besar. Proxy tersebut di nyalakan terus menerus selama warnet buka. Kalo ditelusui, Aliran koneksi internet adalah dari Internet -> ISP (modem) -> proxy warnet -> komputer client. Nah ketika data dari internet melewati proxy, data-data tersebut akan di filter dan disimpan di hardisk dengan algoritma tertentu, baru kemudian di deliver ke komputer client.

Ketika pelanggan membuka situs-situs di internet, pertama kali si komputer akan mencari di tempat yang paling dekat, yaitu proxy. Jika data tersebut ada di proxy warnet tersebut, maka tidak perlu lagi dicari di internet. Namun jika ada sebagian data yang tidak terdapat di proxy, maka akan dicari ke internet. Inilah yang menyebabkan kalau pelanggan browsing, akan terasa jauh lebih cepat. Karena data yang diminta pelanggan sebenarnya sudah terdapat di proxy warnet tersebut dan gak perlu mengakses internet. Jadi, bisa dibilang proxy adalah tempat penyimpanan data-data yang sering di akses oleh pelanggan.

Yang terakhir fungsi proxy warnet adalah membatasi download perclient. Seperti kita ketahui di warnet biasanya ada beberapa orang yang sering mendownload lagu-lagu atau menonton video online di youtube. Hal ini membuat pembagian koneksi internet di warnet menjadi tidak merata. Ini disebabkan oleh tersedotnya bandwidth ke komputer yang melakukan aktivitas tersebut dan akan membuat pelanggan lain tidak nyaman. Oleh karena itu diperlukan software untuk membatasi kecepatan download per client sehingga dapat mengurangi efek negatifnya.

Kesimpulannya jika mau usaha warnet disarankan untuk menginstall juga proxy server, supaya pelanggan lebih merasa nyaman dalam berinternet.

0 komentar:

Posting Komentar